Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Menggunakan Metode Simulasi di Kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang

Asrianti, Riri (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Menggunakan Metode Simulasi di Kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIRI_ASRIANTI_17272_5502_2016.pdf] Text
final_B1_6_RIRI_ASRIANTI_17272_5502_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 1) Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn, 2) Guru hanya mencatatkan konsep teori PKn kepada siswa, 3) Pembelajaran sebagian besar masih berpusat pada guru sehingga siswa menganggap pembelajaran PKn merupakan pembelajaran yang membosankan dan banyak siswa yang ribut dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn menggunakan metode simulasi di kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah hasil pengamatan pada proses pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian dari a) perencanaan pada siklus I 69,5 % dengan kualifikasi cukup (C), dan meningkat pada siklus II 82% dengan kualifikasi baik (B) b) pelaksanaan pembelajaran dari aktivitas guru pada siklus I 76,04% dengan kualifikasi baik (B), dan meningkat pada siklus II 85% dengan kualifikasi baik (B), sedangkan nilai dari aktivitas siswa pada siklus I 76,09% dengan kualifikasi baik (B), dan meningkat pada siklus II 85% dengan kualifikasi baik (B), c) hasil belajar rata- rata kelas siswa siklus I 66,44 dengan kualifikasi cukup (C), dan meningkat pada siklus II adalah 85,11 dengan kualifikasi baik (B). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran PKn menggunakan metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 05 Air Tawar Barat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:20
Last Modified: 01 Aug 2025 09:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19738

Actions (login required)

View Item
View Item