Elmiyanti, Elmiyanti (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Penerapan Metode Inkuiri di Kelas IV SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELMIYANTI_09782_268_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELMIYANTI_09782_268_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELMIYANTI_09782_268_2012.pdf
Download (95kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang hasil belajar siswa rendah pada pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena guru dalam penyampaian materi masih menggunakan pendekatan konvensional yaitu penggunaan metode ceramah yang menyebabkan pembelajaran IPA menjadi kurang menarik dan membosankan bagi siswa. Selain itu aktivitas siswa masih rendah seperti siswa cendrung pasif, hanya menerima apa yang disampaikan guru tanpa bisa mengeluarkan pendapat. Untuk mengatasi masalah tersebut salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode inkuiri.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas empat tindakan dalam dua siklus, penelitian ini menggunakan empat tahap tindakan yaitu, tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru, siswa kelas V SDN 09 Belakang Balok Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian dengan menerapkan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA di kelas IV SDN 09 Belakang Balok Kota Bukittinggi diperoleh bahwa nilai rata rata hasil belajar siswa aspek kognitif dari 34,15% dengan kategori kurang meningkat menjadi 92,68 dengan kategori sangat baik . Pada aspek afektif persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 67,84% masuk dalam kategori cukup menjadi baik yaitu 76,07%. Sedangkan pada aspek psikomotor siswa meningkat dari 70,89% dengan kategori cukup menjadi baik yaitu dengan persentase 76,76%. Dari hasil penelitian tersebut terlihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada semua aspek yang diamati
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inkuiri, Konvensional, Kognitif, Afektif, Psikomotor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:14 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19731 |