Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dengan Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD di Kelas V SD 10 Taratak Bancah Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto

Nofendra, Rino (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dengan Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD di Kelas V SD 10 Taratak Bancah Kecamatan Silungkang Kota Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINO_NOFENDRA_95570_1975_2016.pdf] Text
final_B1_6_RINO_NOFENDRA_95570_1975_2016.pdf

Download (684kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 10 Taratatak Bancah Kota Sawahlunto bahwa pembelajaran PKn di kelas V yang dilaksanakan oleh guru belum mengoptimalkan siswa dalam proses pembelajaran hingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Oleh sebab itu dilakukan tindakan denganModel Pembelajaran KooperatifTipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil belajar siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dengan Model Pembelajaran KooperatifTipe STAD di Kelas V SD 10 Taratak Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class room action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru, siswa, sertahasil kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD terteliti yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari murid laki-laki berjumlah 8 orang dan murid perempuan berjumlah 12 orang. Hasil penelitian ini menggambarkan peningkatan: (1) Perencanaan Pembelajaran siklus I yaitu 83.93% dengan kualifikasi sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 94,35% dengan kualifikasi sangat baik. (2) Pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan guru, siklus I yaitu 81.25% dengan kualifikasi sangat baik, meningkat pada siklus II menjadi 95,31% dengan kualifikasi sangat baik. (3) Pelaksanaan pembelajaran kegiatan siswa siklus I yaitu 67,44% dengan kualifikasi cukup, meningkat pada siklus II menjadi 89,06% dengan kualifikasi sangat baik. 4) Rata-rata Hasil Belajar siswa pada siklus I yaitu 71.97 dengan kualifikasi baik, meningkat pada siklus II menjadi 85,20 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil pengamatan terlihat peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran koopertif learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,PKN
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:12
Last Modified: 01 Aug 2025 09:12
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19719

Actions (login required)

View Item
View Item