Efektivitas Maze Hitung Modifikasi terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak di Taman Kanak-Kanak Karya Tabing Padang

Widyastuti, Winda (2015) Efektivitas Maze Hitung Modifikasi terhadap Kemampuan Konsep Bilangan Anak di Taman Kanak-Kanak Karya Tabing Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WINDA_WIDYASTUTI_1105820_3802_2015.pdf] Text
final_B1_7_WINDA_WIDYASTUTI_1105820_3802_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak KaryaTabing Padang dalam perkembangan kognitif khususnya kemampuan konsepbilangan anak-anak sudah belajar mengenal konsep bilangan dengan bendasendayang ada disekolah, seperti balok-balok.Dalam menyebutkan bilangananak masih belum bisa menyesuaikan dengan bilangan yang ditunjuk.Selainitu anak belajar konsep bilangan dengan menghitung gambar padamajalah.Untuk itulah penggunaan alat permainan Maze Hitung Modifikasiefektif terhadap kemampuan konsep bilangan anak. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui efektivitas maze hitung modifikasi terhadap kemampuankonsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Karya Tabing Padang. Hipotesispenelitian ini adalah terdapat keefektivan yang signifikan dalam pengunaanmaze hitung modifikasi terhadap kemampuan konsep bilangan anak.Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang berbentukQuasy Eksperiment. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanakKarya Tabing Padang yang berjumlah 3 kelas yang terbagi dalam 3 kelompokbelajar dan teknik pengambilan sampelnya Cluster Sampling, yaitu kelompokB2 dan kelompok B3 masing-masingnya berjumlah 16 orang anak. Teknikpengumpulan data digunakan tes lisan, berupa pernyataan sebanyak 6 butirpernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran pernyataan.Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).Hasil penelitian terlihat bahwa anak pada kelas eksperimenyangmenggunakan Maze Hitung Modifikasi memiliki nilai rata-rata lebih tinggijika dibandingkan dengan anak pada kelas kontrol yang menggunakan MajalahMaze.Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh lebihbesar daripadamenunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keduakelas tersebut.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan MazeHitung Modifikasi dapat memberikan efektivitas yang signifikan terhadapkemampuan konsep bilangan anak di Taman Kanak-kanak Karya TabingPadang pada semester dua tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Bilangan, Maze Hitung Modifikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:11
Last Modified: 01 Aug 2025 09:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19717

Actions (login required)

View Item
View Item