Permatasari, Winda (2020) Pengembangan Modul Minyak Bumi Berbasis Guided Discovery Learning untuk Kelas XI SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WINDA_PERMATASARI_15035048_413_2020.pdf [thumbnail of final_B1_7_WINDA_PERMATASARI_15035048_413_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WINDA_PERMATASARI_15035048_413_2020.pdf
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul minyak bumiberbasis guided discovery learning untuk kelas XI SMA/MA dan menganalisistingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitiandan pengembangan atau research and development (R&D) dengan modelpengembangan Plomp, yang terdiri dari 3 tahap penelitian yaitu: (a) preliminaryresearch (b) prototyping stage; (c) assessment phase. Uji validitas moduldilakukan kepada 4 orang dosen kimia FMPA UNP dan 2 orang guru kimia diSMAN 8 Padang. Uji praktikalitas dilakukan kepada 2 orang guru kimia dan 30orang siswa kelas XII IPA di SMAN 8 Padang pada tahun pelajaran 2019/2020.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket validitas danpraktikalitas. Data yang diperoleh dianalisis dengan formula kappa Cohen’s.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh rata-rata momen kappasebesar 0,89 untuk validitas, 0,93 untuk praktikalitas modul oleh guru dan 0,82untuk praktikalitas modul oleh siswa. Data ini menunjukkan bahwa modul minyakbumi berbasis guided discovery learning yang dikembangkan sudah valid danpraktis dengan kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Minyak Bumi, Guided Discovery Learning, Model Plomp |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:10 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19713 |