Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Kubus dan Balok dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang

Yunita, Rini (2014) Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Kubus dan Balok dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Kelas V SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINI_YUNITA_54311_6089_2014.pdf] Text
final_B1_6_RINI_YUNITA_54311_6089_2014.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan rendahnya hasil belajar sifat-sifat kubus dan balok di kelas V SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang. Hal ini disebabkan oleh guru yang belum mengaitkan pembelajaran dengan hal yang nyata dalam kehidupan sehari-hari siswa. Untuk itu peneliti mencoba meningkatkan hasil belajar sifat-sifat kubus dan balok dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar sifatsifat kubus dan balok dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning di kelas V SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus yang terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa kelas V yang berjumlah 35 orang. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes evaluasi. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran Sifat-sifat Kubus dan Balok dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning. Hasil penelitian yang dilaksanakan terlihat adanya peningkatan. Pengamatan RPP pada siklus I diperoleh 82,1%, sedangkan pada siklus II diperoleh 96,4%. Pengamatan terhadap aktivitas guru pada siklus I diperoleh 78,55%, sedangkan pada siklus II diperoleh 100%. Pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 66,05%, sedangkan pada silkus II diperoleh 96,4%. Hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata seluruh penilaian yaitu 73,65, meningkat pada siklus II menjadi 89,8. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan pada penelitian pembelajaran sifat-sifat kubus dan balok dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar di kelas V SD Negeri 03 Bandar Buat Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:09
Last Modified: 01 Aug 2025 09:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item
View Item