Yosnita, Rini (2011) Penerapan Metode eksperimen untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas IV SD Negeri 39 Tanjung Aur Koto Tangah Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RINI_YOSNITA_09505_2478_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RINI_YOSNITA_09505_2478_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RINI_YOSNITA_09505_2478_2012.pdf
Download (219kB)
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 39 Tanjung Aur Koto Tangah Padang, dalam pembelajaran IPA selama ini guru masih menggunakan strategi dan metode pembelajaran yang kurang tepat. Akibatnya minat dan hasil belajar siswa menurun. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, satu siklus dua kali pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes. Subjek penelitian adalah guru, peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian hasil (kognitif), penilaian proses (afektif dan psikomotor), penilaian RPP dan lembar observasi siswa dan guru Hasil penelitian dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan hasil belajar siswa dari tes pada siklus I pertemuan I , nilai aspek kognitif adalah 68 % aspek afektif 67 %, dan aspek psikomotor 78% sedangkan pada sikus I pertemuan II nilai aspek kognitif adalah 71%, aspek afektif adalah 76% dan aspek psikomotor adalah 79 %. Pada siklus II pertemuan I nilai meningkat: Nilai aspek Kognitif adalah 80 % asfek Afektif 77%, dan aspek psikomotor 85 %, pertemuan II nilai kognitif adalah 83 %, afektif 81 % dan nilai psikomotor adalah 89 %. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode eksperimen,Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:08 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19710 |