Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Guided Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia

Fajriati, Winda (2020) Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Peserta Didik Melalui Model Guided Discovery Learning pada Materi Kesetimbangan Kimia. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_WINDA_FAJRIATI_16035093_294_2020.pdf] Text
final_B1_7_WINDA_FAJRIATI_16035093_294_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Materi kesetimbangan kimia tergolong materi yang sulit bagi pesertadidik. Hal ini sejalan dengan hasil belajar peserta didik yang rendah di SMAN 9Padang, disebabkan karena rendahnya kemampuan berpikir kritis dan pemecahanmasalah. Salah satu model pembelajaran yang disarankan oleh kurikulum 2013adalah Guided Discovery Learning. Model GDL menerapkan pendekatansaintifik, sehingga diharapkan mampu memunculkan kemampuan berpikir kritisdan pemecahan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimanakahkemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah peserta didik yang belajarmenggunakan model Guided Discovery Learning. Penelitian ini tergolongpenelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMAN 9Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil secara acak,sehingga kelas XI IPA 1 sebagai kelas penelitian. Instrumen penelitian berupa tesdiagnostik hasil belajar dengan tipe objektif beralasan dan esai. Data yangdiperoleh dianalisis menggunakan analisis Miles and Huberman. Hasil penelitiandiperoleh kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu: (1) Tidak Kritis sebesar23%; (2) Kurang Kritis sebesar 17%; (3) Cukup Kritis sebesar 7%; (4) Kritissebesar 53%, sedangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dilihatdari hasil belajar dan tiap-tiap kemampuan pemecahan masalah dengan persentasesebagai berikut: 93% hasil belajar peserta didik dengan skor >75, 100 % pesertadidik memiliki kemampuan linguistik yang tinggi, 97% peserta didik memilikikemampuan skematik yang tinggi, 87% peserta didik memiliki kemampuanalgoritmik yang tinggi dan 93% peserta didik memiliki kemampuan strategik yangtinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Guided Discovery, Kesetimbangan Kimia
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Yudi Mubarok
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:08
Last Modified: 01 Aug 2025 09:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19708

Actions (login required)

View Item
View Item