Noviana, Winda (2020) Efektifitas Penggunaan Modul Zat dan Karakteristiknya Berbasis Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP/MTs. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_WINDA NOVIANA_15035047_443_2020.pdf [thumbnail of final_B1_7_WINDA NOVIANA_15035047_443_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_WINDA NOVIANA_15035047_443_2020.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas modul zat dankarakteristiknya berbasis guided discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelasVII SMP Negeri 3 Sungayang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu(quasi experiment). Desain penelitian yang diterapkan adalah Randomized ControlGroupPretest-PosttestDesign.PopulasipenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVIISMPNegeri 3 Sungayang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknikPurposive Sampling, terpilih kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagaikelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yaitu tesawal (pretest) dan tes akhir (posttest) berupa 25 pertanyaan objektif. Perbedaan ratarataantara nilai pretest dan posttest untuk kelas eksperimen adalah 56 sedangkanuntuk kelas kontrol 50,4. Analisis data menunjukkan bahwa subjek terdistribusinormal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t, dan diperoleh nilai sig(2-tailed)0,014. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelaskontrol mempunyai perbedaan yang signifikan. Berdasarkan analisis datamenunjukkan modul zat dan karakteristiknya berbasis guided discovery learningterbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, Guided Discovery Learning, Zat dan Karakteristiknya, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 09:07 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 09:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19700 |