Hubungan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota

Ramadhani, Fitri (2012) Hubungan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Pembelajaran Seni Tari di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FITRI_RAMADHANI_86895_3377_2012.pdf] Text
final_B1_6_FITRI_RAMADHANI_86895_3377_2012.pdf

Download (549kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemui dalam Pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota. Yang mana siswa yang berminat terhadap seni tari masih ada sebagian siswa yang mendapatkan hasil belajar teori (kognitif) yang rendah, ini disebabkan karena minat siswa yang dilihat dari unsur perhatian, perasaan, dan disiplin ternyata siswa merasa senang terhadap pelajaran praktek seni tari saja, kurang perhatian terhadap pelajaran teori dan kurang disiplin saat proses belajar seni tari berlangsung. Untuk meningkatkan hasil belajar, di tuntut guru berupaya dan berusaha mencarikan metode pembelajaran yang beragam agar dapat meningkatkan minat siswa baik itu instrinsik maupun ekstrinsik. Karena minat sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan seni tari.
Kajian teori yang digunakan dalam penelitian ini, terutama yang berhubungan dengan: (1) minat siswa, (2) hasil belajar, dan (3) pembelajaran seni tari.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi yang penulis pergunakan dalam penelitian ini seluruh kelas VIII yang memilih minat tari di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota yang berjumlah 40 orang, sedangkan sampel penelitian yang dipakai adalah total sampling yaitu seluruh jumlah populasi yang ada.Variabel yang digunakan variabel bebas adalah minat siswa (x) dan variabel terikat adalah hasil belajar tari (y). Untuk mengetahui besarnya hubungan diambil dari data angket minat dan data hasil belajar tari kelas VIII semester satu. Sedangkan teknik pengumpulan data terdiri dari angket tentang minatyang berindikator perhatian (10), perasaan (10), dan disiplin (10). Dari data minat dan hasil belajar yang diperoleh dianalisa dalam bentuk nilai mean, nilai maximum, nilai minimum, standar deviasi dan korelasi product moment dengan membandingkan t.hitung dan t.tabel untuk menentukan signifikan dan non signifikan. Berdasarkan pengolahan data dua variabel ternyata rata-rata minat siswa yang terdiri dari perhatian, perasaan, dan disiplin adalah 86,42 tergolong baik. Dan rata-rata hasil belajar semester 1 adalalah 69,7 tergolong cukup baik. Dari uji korelasi dapat ditarik kesimpulan bahwa antara minat siswa dengan hasil belajar terdapat korelasi dengan nilai r = 0.7 yang menggambarkan korelasi tergolong kuat. Ini dapat ditafsirkan bahwa minat mempunyai peranan yang penting dan lebih bermakna. Dan dari nilai t.hitung = 6,07 dibanding dengan t.tabel = 1,697 dengan tingkat signifikan 5 % dengan dk = n - 2 = 40 – 2 = 38 maka t.hitung kecil dari t.tabel ( 6,07 1,697) berarti Hi diterima / Ho ditolak maka data signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara minat siswa terhadap hasil belajar tari pada pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Kecamatan Harau Kabupaten 50 Kota

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat siswa, hasil belajar, seni tari, SMP Negeri 1 Harau
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 09:06
Last Modified: 01 Aug 2025 09:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19694

Actions (login required)

View Item
View Item