Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SDN 10 V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman

Bestari, Rindu (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching di kelas IV SDN 10 V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINDU_BESTARI_07549_1924_2016.pdf] Text
final_B1_6_RINDU_BESTARI_07549_1924_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di SDN 10 Kec. V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman, bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru, hal ini mengakibatkan seringkali siswa kurang antusias mengikuti pembelajaran, siswa kurang berani dalam mengemukakan pendapat saat belajar, siswa kurang memiliki tanggung jawab penuh terhadap tugas yang diberikan guru, serta masih kurangnya kerjasama antarsiswa dalam pembelajaran. Sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn melalui model Quantum Teaching. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN10 Kec. V Koto Kampung Dalam Kab. Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus 3 kali pertemuan, secara kolaboratif antara peneliti(praktisi) dan guru(observer). Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pencatatan setiap tindakan dalam pembelajaran PKn, Prosedur penelitian ada empat tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 10 V Koto Kampung Dalam, dengan jumlah siswa 15 orang. Hasil penilaian penelitian setelah siklus I menunjukkan rata-rata ketercapaian yang diperoleh guru dalam penyusunan RPP pada siklus I diperoleh hasil 83,9 % dengan kualifikasi baik.. Pada siklus 2 diperoleh hasil 92,9 % dengan kualifikasi sangat baik. Sedangkan penilaian aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil 82,1 % dengan kualifikasi baik dan siklus II adalah 92,9% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh hasil 82,1 % dengan kualifikasi baik. Siklus II diperoleh nilai 92,9% dengan kualifikasi sangat baik. Penilaian hasil belajar siswa dari aspek kognitif dan afektif diperoleh rata-rata 74,9 dan siklus II diperoleh rata - rata 85,3. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran PKn melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:58
Last Modified: 01 Aug 2025 08:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19685

Actions (login required)

View Item
View Item