Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas IV SDN 03 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Wardah, Rina (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas IV SDN 03 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINA_WARDAH_58327_421_2016.pdf] Text
final_B1_6_RINA_WARDAH_58327_421_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPS masih rendah yang disebabkan ketidak tepatan guru menggunakan metodeyang tepat dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa di kelas IV SDN 03 Ranah Batahan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Ranah Batahan, yang berjumlah 22 anak, terdiri dari 12 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menujukkan bahwa Analisis data untuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran siklus I Pertemuan I 78%, Siklus I Pertemuan II 89% maka rata-rata rencana pelaksanaan pembelajaran 83,5%. Sedangkan siklus II pertemuan I 92%, siklus II pertemuan II 98%, rata-rata 94%. Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru siklus I dengan rata-rata 87%, sedangkan siklus II rata-rata 94%. Pelaksanaan pembelajaran dari aspek siswa siklus I dengan rata-rata 88%, sedangkan siklus II dengan rata-rata 92,5%. Hasil belajar siklus I dengan rata-rata 56,5%, sedangkan siklus II dengan rata-rata 81,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran IPS dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar,IPS,Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:53
Last Modified: 01 Aug 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item
View Item