Peningkatan Keterampilan Membaca Sekilas dengan Menggunakan Strategi Know-Want to Know-Learned (KWL) bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kampung Olo Nanggalo Padang

Teranita, Rina (2012) Peningkatan Keterampilan Membaca Sekilas dengan Menggunakan Strategi Know-Want to Know-Learned (KWL) bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 04 Kampung Olo Nanggalo Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINA_TERANITA_83268_2201_2012.pdf] Text
final_B1_6_RINA_TERANITA_83268_2201_2012.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 04 Kampung Olo Nanggalo Padang dimana siswa kurang mampu memahami isi dan menemukan pikiran pokok bacaan yang dibacanya dengan membaca sekilas. Rendahnya tingkat keterampilan siswa dalam membaca sekilas ini disebabkan karena strategi yang digunakan dalam pembelajaran tidak bervariasi sehingga siswa merasa bosan. Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana peningkatan keterampilan membaca sekilas pada saat prabaca, saat baca, dan pascabaca bagi kelas IV SD Negeri 04 Kampung Olo. Strategi yang digunakan pada penelitian ini adalah strategi KWL yang mana strategi ini memberikan kepada siswa tujuan khusus dari membaca dan memberikan suatu peran aktif pada diri siswa dalam proses membaca yaitu pada saat prabaca, saat baca, dan pasdcabaca. Dalam pembelajaran membaca sekilas, siswa diajak untuk berlatih memprediksi isi bacaan berdasarkan gambar dan judul dan menemukan pikiran pokok dari bacaan, dan dapat menceritakan kembali isi bacaan dengan kalimat sendiri. Strategi KWL terdiri dari 3 rahap yaitu know, want to know, dan learned. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dengan menggunakan strategi KWL telah berhasil meningkatkan keterampilan membaca sekilas. Ketuntasan yang diperoleh siswa pada siklus I pada saat prabaca mencapai rata-rata 57,5 %, pada saat baca mencapai rata-rata 60 %, dan saat pascabaca mencapai rata-rata 78 %. Peningkatan terjadi pada siklus II yaitu saat prabaca memperoleh rata-rata 83,7 %, saat baca mencapai rata-rata 88,7 %, dan pascabaca memperoleh rata-rata 94 %.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca,Know-Want to Know-Learned
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:53
Last Modified: 01 Aug 2025 08:53
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item
View Item