Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Animasi Pada Siswa Kelas III SDS Islam Al-Falah Bukittinggi

Sari, Rina Permata (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Animasi Pada Siswa Kelas III SDS Islam Al-Falah Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINA_PERMATA_SARI_93702_2513_2012.pdf] Text
final_B1_6_RINA_PERMATA_SARI_93702_2513_2012.pdf

Download (418kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru sering menerapkan pembelajaran secara konvensional dan menimbulkan kejenuhan pada diri siswa sehingga berdampak negatif pada keterampilan menulis siswa,diantaranya menulis narasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi siswa adalah dengan menggunakan media gambar animasi. Media gambar animasi dapat membantu siswa mengembangkan ide/gagasan yang kreatif dan juga dapat membuka skemata siswa terhadap apa yang diamati. Berdasarkan gambar animasi yang diamati oleh siswa, dibuat kerangka karangan, kemudian mengembangkannya menjadi karangan utuh. Pembelajaran menulis narasi di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa mampu menulis sebuah cerita sesuai urutan kejadiannya, sehingga mampu meningkatkan nilai siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada aspek menulis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari studi pendahuluan, prencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berupa pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian siklus I menunjukan hasil menulis narasi siswa tahap pramenulis dengan rata-rata perolehan nilai 72% sedangkan pada siklus II 80%. Pada tahap saat menulis, menulis narasi siswa pada siklus I di peroleh rata-rata nilai siswa 68% dan siklus II 80%. Nilai yang di peroleh siswa saat pascamenulis siklus I dengan rata-rata 70% dan siklus II 79%. Rata-rata hasil keseluruhan nilai menulis narasi siswa dengan menggunakan media gambar animasi pada siklus I adalah 70,75%, sedangkan pada siklus II adalah 78%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas III SDS Islam Al-Falah Bukittinggi, penggunaan media gambar animasi terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa. Peningkatan keterampilan menulis narasi ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa selama proses pembelajaran yang telah memuaskan dan mencapai KKM sekolah yaitu 70%.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis Narasi,Animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:52
Last Modified: 01 Aug 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19661

Actions (login required)

View Item
View Item