Mayasari, Rina (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Dua Tinggal Dua Tamu di Kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kec. Ampek Angkek Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RINA_MAYASARI_1200652_513_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_RINA_MAYASARI_1200652_513_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RINA_MAYASARI_1200652_513_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan dikelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam dalam pembelajaran IPS, selama ini guru menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan pembelajaran kurang menarik dan siswa menjadi kurang aktif. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS menggunakan model Cooperative Learning tipe Dua Tinggal Dua Tamu dikelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam sebanyak 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I diperoleh rata-rata 78,57% (C) dan meningkat pada siklus II yaitu 92,85% (SB). b) pelaksanaan pada aspek guru pada siklus I diperoleh rata-rata yaitu 76,77% (C) dan meningkat pada siklus II yaitu 92,85% (SB). pelaksanaan pada aspek siswa siklus I diperoleh rata-rata yaitu 73,18% (C) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,28% (SB), c) hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 77,46 (C) dan meningkat pada siklus II yaitu 89,21 (SB). Dengan demikian, model Cooperative Learning tipe Dua Tinggal Dua Tamu dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 17 Bonjo Alam Kab. Agam.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,Cooperative Learning tipe |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19652 |