Marini, Rina (2012) Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RINA_MARINI_09595_4737_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_RINA_MARINI_09595_4737_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RINA_MARINI_09595_4737_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 01 Bandar Buat bahwa pembelajaran IPA masih didominasi oleh guru sebagai sumber informasi, guru masih mengajar secara konvensional, dimana pembelajaran terfokus kepada guru, guru jarang mengaitkan pembelajaran dengan hal-hal nyata di sekitar siswa sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti melalui penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses (PKP) pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam empat tahap yaitu tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah: lembar observasi, lembaran soal, dokumentasi dan catatan lapangan.Subjek penelitian ini adalah peneliti dan siswa kelas IV SD berjumlah 34 orang. Setelah data terkumpul data disesuaikan dengan tekhnik kualitatif. Peningkatan ini terlihat pada RPP, aspek guru, aspek siswa dan hasil belajar siswa. Pada siklus I untuk aspek RPP diperoleh rata-rata 79,2 dengan kriteria baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 89,6 dengan kriteria sangat baik (SB). Pada siklus I aspek guru diperoleh rata-rata 83,9 dengan kriteria baik (B), pada siklus II meningkat menjadi 94,6 dengan kriteria sangat baik (SB). Aspek siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 75,0 dengan kriteria cukup (C), pada siklus II meningkat menjadi 91,6 dengan kriteria sangat baik (SB). Pada siklus I untuk aspek afektif diperoleh rata-rata 72,5 dengan kriteria kurang (K). Pada siklus II rata-rata meningkat menjadi 82,3 dengan kriteria baik (B). Aspek psikomotor pada siklus I memperoleh rata-rata 71,6 dengan kriteria cukup (C), pada siklus II aspek psikomotor rata-rata meningkat menjadi 81,8 dengan kriteria baik (B) dan aspek kognitif juga meningkat, pada siklus I rata-rata nilai kognitif 72,6 dengan kriteria cukup (C), dengan persentase ketuntasan 61,75%, meningkat pada siklus II menjadi 80,6 dengan kriteria baik (B) dengan persentase ketuntasan 82,3%. Hasil pengamatan terlihat peningkatan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Maka dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses (PKP) dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 01 Bandar Buat kecamatan Lubuk Kilangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:51 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19647 |