Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD di kelas V SDN 16 Bansa Kecamatan Kamang Magek

Ariani, Rina (2013) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe STAD di kelas V SDN 16 Bansa Kecamatan Kamang Magek. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RINA_ARIANI_1108329_383_2014.pdf] Text
final_B1_6_RINA_ARIANI_1108329_383_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran terlihat rendahnya minat siswa dalam belajar kelompok, sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk itu peneliti melakukan penelitian yang berjudul peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD di kelas V SDN 16 Bansa Kecamatan Kamang Magek. Dengan tujuan agar hasil belajar siswa dapat meningkat Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian adalah PTK. Data penelitian ini berupa lembar pengamatan, kuis dan dokumentasi dari setiap tindakan dalam proses pembelajaran. Tahap dari PTK yang dilakukan adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 16 Bansa Kecamatan Kamang Magek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siswa dari 7,16 pada siklus 1 meningkat menjadi 8,27 pada siklus II. Dan pada aspek pengamatan RPP dari rata-rata 8,74 pada siklus 1 meningkat menjadi 97 pada siklus II. Pada aspek guru dari rata-rata 8,25 pada siklus 1 meningkat menjadi 9,5 pada siklus II. Kemudian pada aspek siswa dari rata-rata 7,22 pada siklus 1 meningkat menjadi 94 pada siklus II Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil pembelajaran PKn di kelas V SDN 16 Bansa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar,PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:48
Last Modified: 01 Aug 2025 08:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item
View Item