Hubungan Perlakuan Orangtua dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar: Studi Korelasional di SMA N 1 Lembah Gumanti Kab. Solok

Arora, Wisma (2012) Hubungan Perlakuan Orangtua dengan Kemandirian Siswa dalam Belajar: Studi Korelasional di SMA N 1 Lembah Gumanti Kab. Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WISMA_ARORA_04246_1648.pdf] Text
B1_5_WISMA_ARORA_04246_1648.pdf

Download (776kB)

Abstract

Orangtua harus dapat memberikan perlakuan yang tepat sesuai denganperkembangan anaknya, agar anak dapat mempersepsikan pola asuh yangdiberikan kepadanya dengan baik sehingga dapat mempengaruhi kehidupansehari-hari anak. Namun kenyataannya orangtua tidak memberikan perlakuanyang tepat terhadap anak terutama dalam mengulang pelajaran di rumah, siswatidak diperlakukan dengan baik oleh orangtua. Kemudian Kemandirian belajaradalah proses menggerakan kekuatan individu yang belajar untuk menggerakanpotensi dirinya dalam belajar tanpa ada tekanan atau pengaruh asing di luardirinya, kenyataannya disekolah siswa bersifat pasif dalam belajar serta siswatidak mampu mengerjakan sendiri tugas-tugas yang diberikan oleh guru,sementara Faktor dari luar yang mempengaruhi kemandirian anak adalahkebudayaan dan pola pengasuhan orangtua terhadap anak. Penelitian ini bertujuanuntuk melihat bagaimana perlakuan orangtua terhadap anak, kemandirian siswadalam belajar, serta bagaimana hubungan perlakuan orangtua dengan kemandiriansiswa dalam belajar di SMA N 1 Lembah Gumanti Kab. Solok.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII SMA N 1 Kab. solok. Jumlahsampel sebanhyak 80 siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakanadalah Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket.Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment denganbantuan program Statistical Product and Service Solution for windows release17.0.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Perlakuan orangtua terhadapanak bersifat cukup baik (2) Kemandirian siswa dalam belajar cukup baik (3)Terdapat hubungan yang signifikan antara perlakuan orangtua dengankemandirian siswa pada taraf signifikansi 0,000, dengan tingkat hubungan cukupkuat. Yang berarti semakin rendah perlakuan orangtua semakin rendahkemandirian belajar siswa, sebaliknya semakin tinggi perlakuan orangtua semakintinggi kemandirian siswa dalam belajarDari hasil penelitian diharapkan kepada Guru Pembimbing hendaknya cepattanggap dan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada pada siswa, terutamamasalah belajar yang diakibatkan permasalahan keluarga. Orang tua hendaknyabisa memahami dan mengarahkan anak dengan baik sesuai dengan tingkatperkembangannya terutama dalam mencapai kemandirian dalam belajar. Siswadiharapkan dapat meningkatkan kemandirian dalam belajar agar mencapai hasilbelajar yang bagus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PERLAKUAN ORANG TUA, KEMANDIRIAN SISWA
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:47
Last Modified: 01 Aug 2025 08:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item
View Item