Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang.

Yesri, Elmi (2013) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) di Kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELMI YESRI_07552_315_2013.pdf] Text
final_B1_6_ELMI YESRI_07552_315_2013.pdf

Download (294kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang terhadap guru dan siswa kelas IV SDN 01 Tigo Alua Kecamatan Canduang dalam pembelajaran operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, guru masih menggunakan pendekatan yang kurang menarik minat siswa untuk belajar, hal ini mengakibatkan nilai siswa rendah. Untuk itu peneliti melalui penelitian ini mencoba meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (class action research), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dimana siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan saja. Subjek penelitian adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SDN 01 Tigo Alua. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan hasil tes siswa selama proses pembelajaran.
Hasil penilaian penelitian siklus I menunjukkan ketercapaian yang diperoleh dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah 78,13 (pertemuan I) dan 87,5 (pertemuan II). Sedangkan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dilihat dari hasil pengamatan terhadap aktivitas guru yang memperoleh skor 68,75 (pertemuan I) dan 75 (pertemuan II), dan hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa 56,25(pertemuan I) dan 68,75 (pertemuan II). Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mendapatkan persentase 60%. Penelitian dilanjutkan pada siklus II. Ketercapaian yang diperoleh dalam membuat RPP adalah 90,63, hasil pengamatan terhadap aktivitas guru adalah 81,25, hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa adalah 81,25, dan ketuntasan hasil belajar siswa memperoleh persentase 75%. Penulis mengambil simpulan pada penelitian ini bahwa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan realistic mathematic education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Realistic Mathematic Education.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:47
Last Modified: 01 Aug 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19640

Actions (login required)

View Item
View Item