Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di kelas II SDN 23 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman

Zelfi, Rima (2015) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Pendekatan Scientific di kelas II SDN 23 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIMA_ZELFI_56907_1226_2016.pdf] Text
final_B1_6_RIMA_ZELFI_56907_1226_2016.pdf

Download (890kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan yaitu proses pembelajaran yang masih terkotak-kotak. Sebagai akibat kondisi ini menyebabkan proses pembelajaran terlihat belum bermakna dan hanya terlihat sekedar mentrasfer ilmu pengetahuan kepada siswa saja. Siswa hanya menghafal konsep dan kurang mampu menggunakankonsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata yang berhubungan dengan konsep yang dimiliki. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan penerapan pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan pendekatan Scientific di Kelas II SDN 23 Sungai Limau kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah PTK (Classroom Action Research), penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Yang menjadi subjeknya dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas II SDN 23 dengan jumlah siswa berjumlah17 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 10 orang siswa perempuan. Masing – masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 1 kali pertemuan. Hasil penelitian dari tiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat bahwa a) perencanaan meningkat dari siklus I pertemuan I : 72,2 % siklus I pertemuan 2 menjadi 86 % dan pada siklus II menjadi 91,6 % b) pelaksanaan aktifitas guru 75 % pada siklus I menjadi 85 % pada siklus I pertemuan 2 dan menjadi 92% pada siklus II, sedangkan aktifitas siswa juga me neningkat dari siklus I pertemuan 1 sebesar 71,8 % menjadi 85 % pada siklus I pertemuan 2 dan meningkat menjadi 92 % pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tematik terpadu dengan Pendekatan Scientific meningkat di SD 23 Sungai Limau.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik,Scientific
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:46
Last Modified: 01 Aug 2025 08:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19638

Actions (login required)

View Item
View Item