Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Siswa Kelas Vsdn 37 Pagambiran Kota Padang

Elmawati, Elmawati (2011) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Siswa Kelas Vsdn 37 Pagambiran Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELMAWATI_09678_162_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELMAWATI_09678_162_2012.pdf

Download (406kB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe STAD sangat bisa meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, karena mereka ditempatkan dalam kelompok belajar yang terdiri dari tingkat akademik dan tingkat sosial yang berbeda. Namun perbedaan tersebut bukan merupakan penghalang bagi siswa untuk melakukan kerja sama dalam kelompoknya. Kenyatan yang terjadi dilapangan, pencapaian tujuan tersebut masih jauh dari apa yang diharapkan. Rumusan masalah secara umum bagaimana cara menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPS di SDN NO. 37 Pagambiran ?
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Perencanaan pembelajaran IPS yang dibuat guru (Peneliti) dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mempersiapkan pembelajaran rencana pemebelajaran disusun berdasarkan KTSP SD 2006, IPS kelas V Sekolah Dasar yang terdiri dari: Kompetensi dasar, Indikator, Materi Langkah-langkah pembelajaran, Media dan sumber, metode, dan penilaian .2. Pelaksanaan Pembelajaran IPS dengan menggunakan model Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) di SDN 37 Pagambiran Kota Padang dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Dengan belajar kelompok siswa lebih aktif mencari sendiri pemahaman materi melalui tugas yang dilakukan secara kelompok, siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru tapi sudah mau menanggapi dan sudah berani bertanya.
3. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division ( STAD) dari siklus I ke siklus II meningkat, hal itu dapat dilihat dari rata-rata yang diperoleh pada siklus I pertemuan I dalam penilaian kognitif 67,89% afektif 68,6%, pisikomotor 72,8% dengan rata-rata 69,76% pada pertemuan II asfek kognitif 71,57% afektif 71,2% pisikomotor 72,8% dengan rata-rata 71,8% dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu asfek kognitif 82,10% ,afektif 80,6% pisikomotor 82,9% dengan rata-rata 81,86%. Hal ini merupakan bukti pelaksanaan penelitian yang telah dilakukan di SDN 37 Pagambiran Kota Padang dengan menggunakan model kooperatif Student Team Achievement Division ( STAD ) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kooperatif, STAD, IPS, SD, pembelajaran, aktivitas, hasil belajar, kognitif, afektif, psikomotor, siklus, KTSP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:42
Last Modified: 01 Aug 2025 08:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19630

Actions (login required)

View Item
View Item