Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Example Non Example Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara

Febriyeni, Rima (2016) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Example Non Example Pada Siswa Kelas III SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIMA_FEBRIYENI_15654_3401_2014.pdf] Text
final_B1_6_RIMA_FEBRIYENI_15654_3401_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran menulis puisi di kelas III SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara dilatar belakangi dimana siswa diminta menulis puisi sesuai dalam buku pegangan guru tanpa adanya sumber lain yang mempermudah siswa dalam bentuk puisi. Setelah siswa menulis puisi, siswa tidak melakukan mengedit dan publikasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi pada tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan pada siswa kelas III SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan II siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti bertindak sebagai penyaji/praktisi dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai pengamat adalah guru kelas III SD. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan yang berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Data yang dikumpulkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang meliputi tahap prapenulisan, penulisan, dan pascapenulisan. Hasil penelitian ini berupa hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Perolehan hasil penilaian pada aktivitas guru siklus I 70 dan aktivitas siswa 73, tahap prapenulisan 73, tahap penulisan 70, dan tahap pascapenulisan 75. Perolehan hasil penilaian pada aktivitas guru siklus II 95 dan aktivitas siswa 92 tahap prapenulisan 83, tahap penulisan 88, dan tahap pascapenulisan 86. Rekapitulasi pada siklus I 74 dan meningkat pada siklus II menjadi 80. Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model example non example dapat meningkatkan menulis puisi siswa kelas III SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan Kecamatan Padang Utara.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Puisi,Model Example Non Example
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:41
Last Modified: 01 Aug 2025 08:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19622

Actions (login required)

View Item
View Item