Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation di Kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP

Apriani, Rima (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Cooperative Learning tipe Group Investigation di Kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_RIMA_APRIANI_1200695_4607_2016.pdf] Text
final_B1_6_RIMA_APRIANI_1200695_4607_2016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di SD Pembangunan Laboratorium UNP bahwa selama proses pembelajaran, guru terlalu mendominasi seluruh kegiatan pembelajaran, guru kurang menggunakan model pembelajaran, sehingga siswa menjadi pasif atau kurang aktif, dan siswa kurang bersemangat dan merasa bosan karena model pembelajaran yang kurang menarik. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanakan dan hasil belajar pada pembelajaran IPS menggunakan model Cooperative Learning tipe Group Investigation di kelas IV SD Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang terdiri dari 6 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 76,78% meningkat pada siklus II menjadi 89,28%. Ini juga terlihat dari pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 76,04 meningkat menjadi 93,75 pada siklus II dan dari aspek siswa siklus I adalah 75,00 meningkat menjadi 93,75 pada siklus II. Hasil belajar siswa pada pada siklus I 76,01 meningkat menjadi 86,03 pada Siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan model Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Zahran Zacky
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:40
Last Modified: 01 Aug 2025 08:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19620

Actions (login required)

View Item
View Item