Rildaweni, Rildaweni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas V SD N 21 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_RILDAWENI_95357_2986_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_RILDAWENI_95357_2986_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_RILDAWENI_95357_2986_2014.pdf
Download (711kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa dalam pembelajaran IPA guru berperan sebagai pemberi informasi dan menjadi pusat dalam kegiatan pembelajaran. Ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan metode eksperimen yang menjadikan siswa sebagai pusat dalam pembelajaran. Penelitian menggunakan metode eksperimen ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD Negeri 21 Batang Anai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan 2 kali pertemuan pada masing-masing siklus. Prosedur penelitian terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data melalui hasil pengamatan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, rata-rata penilaian RPP 85,71%, aspek guru 76,39%, aspek siswa 70,84%, dan rata-rata hasil belajar siswa 69,36 (aspek afektif 69,76, aspek psikomotor 69, aspek kognitif 69,34). Pada siklus II, terjadi peningkatan rata-rata penilaian RPP menjadi 94,64%, aspek guru 90,23%, dan aspek siswa 88,89%, sedangkan rata-rata penilaian hasil belajar siswa 81,46 (aspek afektif 82,8, aspek psikomotor 81,15, dan aspek kognitif 80,43). Dengan demikian, penelitian penggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 21 Batang Anai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar,IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Zahran Zacky |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:39 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:39 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19615 |