Safitri, Wirdiana (2016) Persepsi Siswa tentang Penerapan Asas Kerahasiaan oleh Guru BK dalam Konseling Perorangan: Studi Deskriptif di SMP N 6 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WIRDIANA_SAFITRI_1200508_6178_2016.pdf [thumbnail of B1_5_WIRDIANA_SAFITRI_1200508_6178_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WIRDIANA_SAFITRI_1200508_6178_2016.pdf
Download (5MB)
Abstract
Bimbingan dan Konseling (BK) merupakan suatu usaha yang diberikankepada individu atau kelompok dalam rangka pengembangan diri individu. Salah satulayanan dalam BK adalah layanan konseling perorangan, yaitu layanan yangdiselenggarakan oleh seorang guru BK (konselor) terhadap seorang siswa (klien)dalam rangka pengentasan masalah pribadi klien. Kunci penting dalam pelaksanaankonseling perorangan adalah asas kerahasiaan, dimana konselor harus menjagakerahasiaan data dan informasi yang diberikan oleh klien. Berdasarkan wawancarayang peneliti lakukan dengan guru BK dan siswa SMP N 6 Bukittinggi, diperolehinformasi bahwa siswa masih belum memiliki persepsi baik tentang penerapan asaskerahasiaan. Siswa merasa guru BK menceritakan masalah yang mereka bahas saatkonseling kepada guru lain. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikanpersepsi siswa tentang penerapan asas kerahasiaan oleh guru BK dalam halmenyimpan data klien dan (2) mendeskripsikan persepsi siswa tentang penerapanasas kerahasiaan oleh guru BK dalam hal menjaga data klien.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian siswaSMP N 6 Bukittinggi kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2015/2016 yang telahmengikuti konseling perorangan sebanyak 40 siswa. Instrumen yang digunakanadalah angket dengan menggunakan model skala Likert.Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi siswa tentang penerapanasas kerahasiaan oleh guru BK dalam konseling perorangan berada pada kategoricukup baik. Hal ini berarti guru BK sudah menerapkan asas kerahasiaan dengan baik.Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru BK agar dapat menerapkan asaskerahasiaan lebih baik lagi, sehingga siswa lebih tertarik untuk melakukan konseling.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GURU BK, KONSELING PERORANGA |
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:37 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19598 |