Andini, Septia (2017) Meningkatkan Hasil Belajar Seni Musik pada Pembelajaran Seni Budaya dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw di SMP Negeri 2 Tebo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_SEPTIA_ANDINI_15874_4536_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_SEPTIA_ANDINI_15874_4536_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_SEPTIA_ANDINI_15874_4536_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan dan bertanggung jawab secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran model jigsaw dalam rangka meningkatkan hasil belajar seni musik dalam pembelajaran seni budaya di SMP Negeri 2 Tebo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara obsevasi, wawancara dan tes. Tahap tahap prosedur penelitian adalah pengenalan masalah, persiapan tindakan, penyusunan rencana tindakan, pengamatan dan penyusunan laporan. Tindakan dilakukan dalam siklus-siklus dimana setiap siklus terdiri dari dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi untuk perencanaan siklus berikutnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran seni musik pada kelas VIII di SMP Negeri 2 Tebo berhasil meningkatkan hasil belajar siswa. Siswa yang masih lemah dalam penguasaan materi pelajaran pada siklus 1 dapat ditangani dengan melanjutkan pada siklus kedua yaitu dengan memperjelas materi karya seni musik lagu tradisional nusantara dengan menampilkan pertunjukkan Es Lilin dan Apuse dalam bentuk video. Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilaksanakan pada siklus 2 mencapai tingkat keberhasilan. Jadi penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran seni budaya materi ajar seni musik dapat meningkatkan hasil belajar sebagaimana terlihat pada peningkatan hasil belajar dalam mempresentasikan materi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, Seni musik, Seni budaya. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19585 |