Putra, Joni Eka (2012) Hubungan Persepsi Siswa tentang Kepribadian Guru dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Mesin Konversi Energi (MKE) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Kelas X di SMK Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_JONI EKA PUTRA_02724_2012_4357.pdf [thumbnail of final_B1_7_JONI EKA PUTRA_02724_2012_4357.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_JONI EKA PUTRA_02724_2012_4357.pdf
Download (606kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang kepribadian guru dengan hasil belajar siswa mata pada pelajaran Mesin Konversi Energi (MKE) Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Siswa Kelas X DI SMK Negeri 2 Kota Solok. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu persepsi siswa tentang kepribadian guru sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan metode korelasional untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antar variabel.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR2 dan TKR 3 jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Otomotif SMK Negeri 2 Kota Solok yang berjumlah 90 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Riduwan sehingga diperoleh sampel 47 orang. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada siswa Teknik Kendaraan Ringan (TKR).
Uji coba instrumen dilakukan terhadap siswa diluar sampel yang berjumlah 43 orang. Untuk menentukan validitas angket diperoleh melalui bantuan program SPSS Versi 16,0 dengan taraf signifikan 5%. Diperoleh 5 item pertanyaan yang tidak valid dari 41 item pertanyaan. Hasil penelitian, diperoleh harga koefesien korelasi sebesar 0,491 artinya persepsi siswa terhadap tentang kepribadian guru mempunyai hubungan yang positif hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mesin Konversi Energi (MKE) Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Otomotif siswa kelas X di SMK Negeri 2 Kota Solok. Jadi, semakin baik kepribadian guru maka semakin bagus hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mesin Konversi Energi (MKE) dengan kategori interpretasi koefisien korelasi agak rendah.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi Siswa, Kepribadian Guru, Hasil Belajar, Mesin Konversi Energi, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:34 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:34 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19584 |