Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Permainan Kartu Paragraf pada Siswa Kelas IV SDN 38 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang

Fatmawatri, Elya (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Permainan Kartu Paragraf pada Siswa Kelas IV SDN 38 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELLYA_PATMAWATRY_09636_3247_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELLYA_PATMAWATRY_09636_3247_2012.pdf

Download (820kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti mengajar di kelas IV SD N 38 kampung Baru, Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Dalam pembelajaran membaca, siswa kurang mampu membacapemahaman, tidakmampu menemukan kalimat utama dengan tepat. Selain itu guru juga tidak menggunakan metode dan strategi yang berfariasi dalam pembelajran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penlis melakukaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan permainan kartu paragraf.. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui permainankartu paragraf pada siswa kelas IV SDN 38 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Penelitian ini dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penilaian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan hasil tes. Sumber data adalah proses pembelajaran membaca pemahaman dengan kartu paragraf. Subjek dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa kelas IV SDN 38 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung Padang Hasil penelitian yang diperoleh adalah pada siklus I hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman melalui kartu paragraf tahap prabaca adalah 69,74,pada tahap saatbaca 60.07 dan pada tahap pascabaca adalah 74,04. siklus II rata-rata kelas hasil belajar siswa pada tahap prabaca 70,92, pada tahap saatbaca 70.36 dan pada pascabaca 74,04. Rata-rata hasil belajar tahap prabaca, saatbaca dan pascabaa siklus I adalah 68,70 dan pada siklus II meningkat menjadi 73,86. Dengan demikian terbukti bahwa melalui permainan kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 38 Kampung Baru Kecamatan Lubuk Begalung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, pemahaman, paragraf, permainan, kartu, strategi, metode, tindakan, kelas, siklus, hasil, belajar, observasi, tes, siswa, guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:34
Last Modified: 01 Aug 2025 08:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19583

Actions (login required)

View Item
View Item