Dasri, Elly (2011) Peningkatan Hasil Belajar Perkalian dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa IV SDN 53 Kuranji Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ELLY_DASRI_09523_903_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ELLY_DASRI_09523_903_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ELLY_DASRI_09523_903_2012.pdf
Download (832kB)
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi pengalaman penulis selama mengajar di kelas IV SDN 53 Kuranji Padang, rendahnya hasil belajar matematika siswa terutama pada materi operasi perkalian disebabkan proses pembelajaran matematika yang lebih banyak didominasi oleh metode ceramah dan kurang terarah. Banyak siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Jika belajar kelompok , kerjasama antar siswa kurang terjalin dengan baik.. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar perkalian dengan menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa IV SDN 53 Kuranji Padang.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.. penelitian ini dilaksanakan berdasarkan langkah penelitian tindakan kelas yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari proses pelaksanaan tindakan melalui pengamatan, hasil tes dan diskusi. Sumber data adalah proses pembelajaran operasi perkalian menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dalam penelitian tindakan kelas ini diperoleh gambaran bahwa hasil tes siswa pada akhir tindakan siklus I menunjukkan nilai rata-rata siswa adalah 63,33 dan pada akhir siklus II nilai rata rata siswa meningkat menjadi 77,5 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 53 Kuranji Padang dalam pembelajaran operasi perkalian dapat meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Perkalian, Pendekatan CTL, Matematika, Tindakan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Mabruri Haulia Fadri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:28 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19563 |