Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode SQ4R bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang

Elliyati, Elliyati (2012) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode SQ4R bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Lubuk Buaya Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ELLIYATI_90248_4233_2012.pdf] Text
final_B1_6_ELLIYATI_90248_4233_2012.pdf

Download (397kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan penulis di sekolah didapatkan informasi bahwa sebahagian besar siswa mengalami kusulitan dalam memahami bacaan diantaranya: siswa sulit menemukan pikiran pokok, sulit menjawab pertanyaan, sulit membuat ringkasan bacaan, informasi yang didapat siswa tidak bertahan lama. guru menggunakan metode yang kurang tepat untuk membimbing siswa dalam membaca pemahaman. Untuk itu penulis tertarik untuk memperbaiki proses belajar membaca pemahaman dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode SQ4R.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, pelaksanakaan, dan bentuk penilian belajar siswa dengan menggunakan metode SQ4R dalam pembelajaran membaca pemahaman. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa 22 orang. Guru sebagai praktisi sekaligus peneliti dan satu orang pengamat. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan II. Prosesdur penelitian terdiri dari: refleksi awal, tahap perencanaan, pelaksanaa, pengamatan dan tahap refleksi. Data diperoleh dari hasil pengamatan, catatan lapanngan dan LKS. Sumber data hasil pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman pada tahap prabaca, saatbaca, pascabaca dan evaluasi pembelajaran.
Setelah dikakukan penelitian dengan motode SQ4R kemampuan membaca siswa telah meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualifikasi keberhasilan secara individual pada siklus I dengan jumlah skor 365 (66,47%) dengan kualifikasi baik, dengan rincian nilai prabaca rata-rata skor 67,50 persentase 76,70 (baik), saatbaca rata-rata skor 70,00 persentase 79,55 (sangat baik) dan pascabaca 45.00 persentase 51,14 (cukup). Peningkatan proses pembelajaran terjadi pada siklus II dengan memperoleh nilai secara individual rata-skor 77,40 dengan persentase 87,96 (sangat baik), dengan perincian sebagai berikut: prabaca rata-skor 80,50 dengan persentase 91,48 (sangat baik), saatbaca rata-skor 83,50 dengan persentase 94,89 (sangat baik) dan pascabaca 75,50 dengan persentase 88,07 (sangat baik). Kemampuan siswa menjawab pertanyaan juga meningkat dari rata rata 85,91 pada siklus 1 pertemuan 1, menjadi 94,32, pada pertemuan 2 dan menjadi 96,82 pada siklus 2. Berarti dengan penerapan motode SQ4R dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami bacaan

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Membaca, Metode SQ4R, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas, Peningkatan Kemampuan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:19
Last Modified: 01 Aug 2025 08:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item
View Item