Andrianto, Jhoni (2020) Pengaruh Kondisi Ruang Kelas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_JHONI_ANDRIANTO_16067017_3723_2021.pdf [thumbnail of final_B1_7_JHONI_ANDRIANTO_16067017_3723_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_JHONI_ANDRIANTO_16067017_3723_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini.bertujuan untuk mencari pengaruh antara kondisi ruang kelas.terhadap konsentrasi belajar siswa.mata pelajaran PDTM di SMK Negeri 5 Padang. Mengingat banyaknya siswa yang tidak fokus dalam belajar karena kondisi fisik ruang kelas yang kurang memadai untuk proses belajar mengajar Sementara lulusan SMK kejuruan di tuntut lansung untuk terjun ke lapangan pekerjaan di dunia industri ataupun perbengkelan. Disamping itu juga perlu partisipasi dari beberapa faktor pendukung seperti guru dan instansi terkait lainnya untuk lebih memperhatikan kondisi fisik gedung maupun kondisi fasilitas pendukung lainnya yang ada dalam kelas tersebut untuk membut siswa lebih nyaman dan tenang dalam proses.belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kuantitatif yang di lakukan pada bulan oktober 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kondisi ruang kelas terhadap konsentrasi belajar siswa. Hasil penelitian yang di dapatkan dari variabel kondisi ruang kelas (variabel X) dan konsentrasi belajar siswa (variabel Y).
Hasil dari kondisi ruang kelas (Variabel X) mendapatkan hasil 67 % dengan persentase Layak. Sedangkan hasil konsentrasi belajar siswa (Variabel Y) mendapatkan hasil 71,87 % dengan persentase Layak.
Sehingga hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kondisi ruang kelas dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kondisi Ruang Kelas, Kondisi Bangunan, Konsentrasi, PDTM, Teknik Mesin. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:19 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19546 |