Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP)

Wulandari, Suci (2018) Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (KSP). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_07_SUCI_WULANDARI_14035095_3907_2018.pdf] Text
B1_07_SUCI_WULANDARI_14035095_3907_2018.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kelarutan dan hasil kali kelarutan merupakan salah satu pokok bahasan dalam kimia yang konsepnya bersifat abstrak dan kompleks. Pokok bahasan ini meliputi konsep dan hitungan. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar dalam bentuk modul pembelajaran untuk menuntun siswa dalam menemukan konsep, dimana dalam modul pembelajaran terdapat siklus belajar Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di dua sekolah, yaitu SMAN 12 Padang dan SMAN 2 Padang. Desain Penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 12 Padang dan SMAN 2 Padang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Terpilih XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol di SMAN 12 Padang. Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol di SMAN 2 Padang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 soal. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan modul lebih tinggi secara signifikan daripada kelas kontrol tanpa menggunakan modul. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan berbasis Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 12 Padang dan SMAN 2 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Problem Based Learning, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp), Hasil Belajar, Uji-t
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Al Hafidz Ramadhan
Date Deposited: 01 Aug 2025 08:12
Last Modified: 01 Aug 2025 08:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19530

Actions (login required)

View Item
View Item