Oktavia, Yesi (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YESI_OKTAVIA_1300517_3707_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_YESI_OKTAVIA_1300517_3707_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YESI_OKTAVIA_1300517_3707_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang dilakukan guru masih dominan metode ceramah sehingga kurang melibatkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa rendah. Oleh sebab itu maka diadakanlah PTK. Tujuan penelitian ini adalah untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Model Cooperative Learning Tipe NHT di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang yang terdaftar pada semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes di analisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengamatan RPP, pada siklus I nilai rata-rata 78,57% dengan kualifikasi baik, hasil pada siklus II meningkat menjadi 96,42% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I nilai rata-rata 76,56% dengan kualifikasi baik, hasil pada siklus II meningkat menjadi 96,87% dengan kualifikasi sangat baik. Pada aspek siswa siklus I nilai ratarata 76,56% dengan kualifikasi baik, hasil pada siklus II meningkat menjadi 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata 71,15 dengan kualifikasi baik, hasil pada siklus II meningkat menjadi 80,72 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian, Model Cooperative Learning Tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar IPS di Kelas IV SDN 10 Bandar Buat Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Cooperative Learning, Numbered Head Together |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:12 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:12 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19526 |