Yusmaleni, Yeni (2018) Peningkatan Hasil Belajar KPK dan FPB dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 05 Pasar Baru Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YENI_YUSMALENI_1108429_828_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_YENI_YUSMALENI_1108429_828_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YENI_YUSMALENI_1108429_828_2018.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 05 Pasar Baru Bayang. Siswa tidak diberi kesempatan untuk mengkomunikasikan pengetahuan awalnya dan membangun sendiri pemahamannya. Untuk mengatasinya, peneliti menerapkan Pendekatan Konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 05 Pasar Baru Bayang dengan pendekatan konstruktivisme.
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian guru dan 20 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Analisis data kuantitatif yaitu analisis deskriptif. Penelitian dilaksanakan II siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, perencanaan pembelajaran dari 84% (baik) menjadi 94%% (sangat baik). Aktivitas guru dari 80% (baik) menjadi 90% (sangat baik), aktivitas siswa dari 75% (cukup) menjadi 85% (baik). Hasil belajar aspek kognitif siswa dari 85% (baik) menjadi 95% (sangat baik), afektif dari 70% (cukup) menjadi 85% (baik), psikomotor dari 80% (baik) menjadi 90% (sangat baik). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar KPK dan FPB di kelas IV SDN 05 Pasar Baru Bayang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, KPK, FPB |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:07 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19513 |