Rahmi, Jenita (2014) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe True or False terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X di SMAN 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_JENITA_RAHMI_18451_6177_2015.pdf [thumbnail of final_B1_7_JENITA_RAHMI_18451_6177_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_JENITA_RAHMI_18451_6177_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kurang optimalnya pemahaman siswa mengenai materi yang diajarkan akan berdampak terhadap hasil belajar siswa. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi adalah menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe true or false. Dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false, siswa dibiasakan berpikir kritis sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri kelas X di SMAN 3 Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan non-equivalent posttest-only design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 3 Pariaman tahun ajaran 2013/2014. Sampel berjumlah 35 orang siswa di kelas eksperimen dan 34 orang siswa di kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari penelitian merupakan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dilihat dari skor tes akhir. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan pada taraf nyata 0.05, disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan pada penerapan strategi pembelajaran aktif tipe true or false terhadap hasil belajar siswa pada materi stoikiometri di kelas X SMAN 3 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran aktif, True or False, Stoikiometri, Hasil Belajar Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 08:07 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 08:07 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19511 |