Pratiwi, Wahyuni (2016) Pengembangan Modul Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Larutan Penyangga Kelas Xi Sma/Ma Sederajat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_07_WAHYUNI_PRATIWI_1201489_6371_2016.pdf [thumbnail of B1_07_WAHYUNI_PRATIWI_1201489_6371_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_07_WAHYUNI_PRATIWI_1201489_6371_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini menghasilkan modul larutan penyangga berbasis masalah dengan pedekatan saintifik yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan sampai tahap pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk lembar validitas dan praktikalitas. Lembar validitas diisi oleh 4 orang dosen kimia dan 2 orang guru kimia. Lembar praktikalitas diisi oleh 2 orang guru kimia dan 29 orang siswa kelas XII SMAN 3 Padang. Dari hasil uji validitas diperoleh nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,83 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas pada guru diperoleh nilai rata-rata momen kappa sebesar 0,71 dengan kategori kepraktisan tinggi, sedangkan pada siswa diperoleh sebesar 0,77 dengan kategori kepraktisan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul larutan penyangga berbasis masalah dengan pendekatan saintifik ini memiliki kategori validitas sangat tinggi dan kepraktisan tinggi, sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran kimia kelas XI di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, problem based lerning, saintifik, larutan penyangga. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1 |
Depositing User: | Al Hafidz Ramadhan |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:15 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:15 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19506 |