Wirda, Wirda (2014) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Edmodo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat Melakukan Instalasi Sound System Kelas XI Teknik Audio Video di SMK N 1 Kinali. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_WIRDA_17638_5444_2014.pdf [thumbnail of B1_5_WIRDA_17638_5444_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_WIRDA_17638_5444_2014.pdf
Download (382kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukandilapangan yaitu di SMK Negeri 1 Kinali, masih banyaknya siswa kelas XTAVyang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada matadiklat Melakukan Instalasi Sound System yang ditetapkan sekolah yaitu 73. Yaitu65,57 % siswa yang berada dibawah KKM dan 34,42 % siswa yang berada di atasKKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktor internal danfaktor eksternal, model pembelajaran serta media pembelajaran. Penelitian inibertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh penggunaan media pembelajaranelektronik berbasis edmodo terhadap hasil belajar siswa. Penelitian inimenggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelasXI TAV SMK Negeri 1 Kinali Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 54siswa, dan yang menjadi sampel pada penelitian ini berjumlah 50 siswa. Kelaseksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan mediapembelajaran elektronik berbasis edmodo dan yang menjadi kelas kontrol adalahkelas yang menggunakan pembelajaran langsung. Data yang diperoleh dianalisissecara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil tespenelitian didapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan media pembelajaranelektronik berbasis edmodo yaitu 76,16 sementara siswa yang menggunakanmetode pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 71,20. Terdapat pengaruhpenggunaan media pembelajaran elektronik berbasis edmodo sebesar 6.97%terhadap hasil belajar siswa. Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus secaramanual di dapati bahwa thitung 1,886 > ttabel 1,677, sehingga hipotesisalternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MEDIA PEMBELAJARAN, ELEKTRONIK BERBASIS EDMODO, HASIL BELAJAR |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Mutia Farida S.Sos |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 03:13 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 03:13 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19492 |