Pengaruh Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Seni Teater terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo

Arsita, Fingki Novi (2023) Pengaruh Interaksi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Seni Teater terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_FINGKI_NOVI_ARSITA_19023130_3245_2023.pdf] Text
final_B1_6_FINGKI_NOVI_ARSITA_19023130_3245_2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi guru dengan siswa dalam pembelajaran seni teater terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan angket,wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS Versi 29.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kemampuan interaksi guru dengan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Seni Teater kelas VIII 1 SMP Negeri 6 Tebo Tahun ajaran Genap 2022/2023. Hasil belajar mata pelajaran Seni Teater mencapai rata rata 73,berada dalam kategori sedang. Dengan besarnya Fhitung 9,71 > 4,20, maka H0 ditolak dan taraf signifikansi 0,004 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa interaksi guru dengtan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran seni teater. Dari hasil koefesien R2 (R Squere) diperoleh sebesar 0,231 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh interaksi guru dengan siswa terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran Seni Teater SMP Negeri 6 Tebo yaitu sebesar 23,1%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain, (seperti halnya faktor internal: faktor jasmani dan faktor psikologi, dan faktor eksternal: faktor keluarga, faktor sekolah, faktor masyarakat).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: interaksi guru, siswa, pembelajaran seni teater, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:58
Last Modified: 01 Aug 2025 02:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item
View Item