Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 27 Sungai Sapih Padang

Zasni, Yeliza (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Jigsaw di Kelas IV SDN 27 Sungai Sapih Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YELIZA_ZASNI_1304979_5071_2017.pdf] Text
final_B1_06_YELIZA_ZASNI_1304979_5071_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang masih berpusat pada guru. Guru kurang memberikan tanggung jawab kepada siswa untuk menguasai materi, akibatnya siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan cooperative learning tipe Jigsaw di sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa yang berjumlah 25 orang, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II satu pertemuan. Prosedur penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan siklus I RPP diperoleh rata-rata 82,1% dengan kualifikasi baik. Pelaksanaan dari aspek guru diperoleh rata-rata 79,1% dengan kualifikasi baik. Pelaksanaan dari aspek siswa diperoleh rata-rata 77,7% dengan kualifikasi baik. Hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 79,1 dengan kualifikasi baik. Sedangkan pada siklus II RPP diperoleh 92,8% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan dari aspek guru diperoleh 91,6% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan dari aspek siswa diperoleh 91,6% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa diperoleh 87,3 dengan kualifikasi sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa cooperative learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Cooperative Learning,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:31
Last Modified: 01 Aug 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19446

Actions (login required)

View Item
View Item