Rahmawati, Yelvida (2013) Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) di Kelas IV SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kab. Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YELFIDA_RAHMAWATI_50600_5801_2013.pdf [thumbnail of final_B1_06_YELFIDA_RAHMAWATI_50600_5801_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YELFIDA_RAHMAWATI_50600_5801_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca siswa kuhususnya membaca pemahaman. Berdasarkan pengamatan peneliti, ditemukan penyebab rendahnya kemampuan siswa dalam belajar membaca pemahaman, antara lain berkaitan dengan masalah: rendahnya minat membaca siswa, sedikitnya skemata yang dimiliki, serta tidak tahu mereka cara membaca pemahaman yang baik. Semua itu pada akhirnya menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami bacaan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas IV SDN 01 Balai Ahad kecamatan Lubuk Basung Kab. Agam.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari II siklus. Penelitian ini menggunakan empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran dengan metode SQ3R dikelas IV SDN 01 Balai Ahad Kecamatan Lubuk Basung Kab. Agam. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV (Yelvida Rahmawati) SDN 01 Balai Ahad Lubuk Basung Tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes.
Hasil belajar siswa dapat dilihat dari siklus I pertemuan I dimana tahap
prabaca siswa diperoleh nilai rata-rata 58.3, saat baca siswa diperoleh nilai 61.8
dan tahappasca baca siswa diperoleh nilai rata-rata 62. Pada siklus I pertemuan II
dilihat dari tahap prabaca siswa diperoleh nilai rata-rata 82.6, pada saat baca siswa
diperoleh nilai rata-rata 79.8 dan pasca baca diperoleh nilai rata-rata 80.5. Hasil
belajar siswa meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata pasca baca 88.9,
tahap saat baca 89.6 dan tahap pasca baca 84.7. Dari hasil penelitian tindakan
kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kemampuan membaca
pemahaman dengan menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 01 Balai Ahad.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kemampuan, Metode Survey, Question |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:30 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19443 |