Agustia, Yazella (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Puisi di Kelas V SD Negeri 31 Pasar Ambacang Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_YAZELLA_AGUSTIA_1304975_4723_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_YAZELLA_AGUSTIA_1304975_4723_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_YAZELLA_AGUSTIA_1304975_4723_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa untuk menulis puisi, siswa belum memahami bagaimana langkah-langkah dalam menulis puisi, serta belum tepatnya pemilihan katayang digunakan dalam menulis puisiAkibatnya berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Picture And Picture terhadap keterampilan menulis puisi di kelas V SD 31 Pasar Ambacang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentukeksperimen semu (quasi experimen).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 31 Pasar Ambacang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, serta penentuan kelas eksperimen dan kontrol dilakukan berdasarkan hasil uji normalitas terhadap hasil pretest menulis puisi. Maka berdasarkan nilai tersebut didapatkan hasil kelas V.B dijadikan kelas eksperimen dan kelas V.A dijadikan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes proses menulis yang berupa unjuk kerja, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului denganuji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Picture And Picture terhadap keterampilan menulis puisi di kelas V SD 31 Pasar Ambacang. Hal ini dibuktikan dari hasilt-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) diperoleh t hitung (11,98) > t tabel (2,01) hal ini dikarenakan pada pembelajarannya menggunakan media gambar yang diurutkan secara logis yang bisa membuka skemata siswa dan membuat siswa cepat tangkap atas materi yang disampaikan dan dengan menggunakan media gambar siswa juga lebih kuat mengingat konsepkonsep atau bacaan terkait dengan gambar. Dilihat berdasarkan hasik t-test tersebut menunjukkan keterampilan menulis puisi yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean yang diperoleh kelompok eksperimen sebesar 80,81 dan mean yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 74,63.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menulis puisi, model pembelajaran Picture And Picture |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 02:29 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19433 |