Peningkatan Hasil Belajar Siswa MenggunakanModel Everyone is Teacher Here pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota

Khairiyah, Yaumil (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa MenggunakanModel Everyone is Teacher Here pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YAUMIL_KHAIRIYAH_16129431_206_2022.pdf] Text
final_B1_06_YAUMIL_KHAIRIYAH_16129431_206_2022.pdf

Download (723kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah, pada saat proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif, siswa juga kurangmendapatkan konsep-konsep dari berbagai pelajaran dalam satu pembelajaran, serta keberanian siswa berbicara untuk mengemukakan pendapat masih kurangterlihat itu disebakan oleh masih minimnya pengembangan model pembelajaraninovatif yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, sehingga pada saat proses pembelajaran masih berpusat kepada guru atau teacher centered. Tujuandari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswapada pembelajaran tematik menggunakan model everyone is teacher here
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yangmenggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalamduasiklus, dimana siklus I terdiri dari 2x pertemuan dan siklus II terdiri dari 1xpertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah gurudansiswa Kelas IV SDN 01 VII Koto Talago. Data dari penelitian diperolehdari penilaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen analisis, lembar observasi, tes, dan non tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I 76.94%(cukup) dan siklus II 89.20% (baik), b) Aktivitas guru pada pelaksanaan siklus I 86.36% (baik) dan siklus II 92.5% (sangat baik), sedangkan aktivitas peserta didikpada pelaksanaan siklus I 64.51% (baik), dan siklus II 86.28%(sangat baik), c) Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh denganratarata 79.06 serta persentase 64,51% dan siklus II dengan rata-rata 86.43sertapersentase 87,10%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa denganmodel Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa padapembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model everyone is teacher here, hasil belajar, pembelajaran tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:29
Last Modified: 01 Aug 2025 02:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19428

Actions (login required)

View Item
View Item