Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 17 Koto Tangah Kabupaten Agam

Husna, Yaumil (2020) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 17 Koto Tangah Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YAUMIL_HUSNA_16129277_1082_2021.pdf] Text
final_B1_06_YAUMIL_HUSNA_16129277_1082_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam bekerjasama, kurangnya kemampuan siswa untuk memahami pembelajaran, beberapa siswa kurang bisa menghargai pendapat temannya di kelas sehingga membuat keributan dan rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN 17 Koto Tangah Kabupaten Agam yang meliputi; a) Perencanaan; b) Pelaksanaan; c) Hasil belajar.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Disetiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas Kelas IV SDN 17 Koto Tangah Kabupaten Agam dengan jumlah 16 orang siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I dengan ratarata 86,37% (B) dan siklus II 95,45% (SB), b) Pelaksanaan pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 82,82% (B) dan siklus II 93,75% (SB), sedangkan pelaksanaan pada aspek siswa siklus I dengan rata-rata 82,82% (B), dan siklus II 93,75% (SB), c) Penilaian terhadap siswa dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I diperoleh dengan rata-rata 79,39 dan siklus II dengan rata-rata 88,82. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kooperatif tipe think pair share
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 02:00
Last Modified: 01 Aug 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19426

Actions (login required)

View Item
View Item