Komparasi Kompetensi IPA Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Snowball Throwing pada Kelas VII SMPN 11 Padang

Ramadhani, Yana (2016) Komparasi Kompetensi IPA Siswa antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan Snowball Throwing pada Kelas VII SMPN 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_YANA_RAMADHANI_1201406_4705_2016.pdf] Text
final_B1_06_YANA_RAMADHANI_1201406_4705_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor penunjang optimalnya kompetensi yang dicapai siswa adalah dengan menemukan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kompetensi siswa dan sesuai dengan gaya belajar siswa. Pemahaman guru terhadap gaya belajar sangat menentukan penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kompetensi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kompetensi IPA siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Snowball Throwing serta mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap kompetensi siswa di SMPN 11 Padang.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research dengan rancangan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 11 Padang yang terdaftar pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampling dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Data penelitian meliputi hasil belajar pada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor. Instrumen penelitian berupa tes tertulis untuk kompetensi kognitif, lembar observasi untuk kompetensi afektif, dan penilaian unjuk kerja untuk kompetensi psikomotor. Analisis data perbedaan hasil belajar pada kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor dilakukan dengan uji kesamaan dua rata-rata menggunakan uji t, sedangkan pengaruh gaya belajar menggunakan uji Chi Kuadrat.
Berdasarkan data hasil penelitian, didapatkan rata-rata siswa kelas Eksperimen 1 Tes Akhir 1 dan Tes Akhir 2 kompetensi kognitif adalah 86,33 dan 82,34, kompetensi afektif 83,72 dan 81,75, kompetensi psikomotor 85,54 dan 82,47 sedangkan kelas eksperimen 2 Tes Akhir 1 dan Tes Akhir 2 kompetensi kognitif adalah 81,88 dan 85,94, kompetensi afektif 80,44 dan 83,94, kompetensi psikomotor 81,25 dan 85,09. Uji kesamaan dua rata-rata kompetensi kognitif dan psikomotor dengan taraf nyata 0,05 Tes Akhir 1 dan Tes Akhir 2 didapatkan thitung>ttabel. Hal ini menunjukkan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing lebih bagus dari model Kooperatif tipe Think-Pair-Share. Sedangkan kompetensi afektif Tes Akhir 1 dan Tes Akhir 2 didapatkan thitung<ttabel. Hal ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan Snowball Throwing di SMPN 11 Padang. Kemudian rata-rata gaya belajar siswa kelas Eksperimen 1 dan Eksperimen 2 pada Tes Akhir 1 dan Tes Akhir 2 kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor didapatkan � 2 ������ ≤ � 2 ����� . Hal ini menunjukkan tidak terdapat pengaruh gaya belajar pada model pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share dengan Snowball Throwing terhadap kompetensi IPA siswa di kelas VII SMPN 11 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi IPA, Think-Pair-Share (TPS), Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S1
Depositing User: Fini Alya Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:59
Last Modified: 01 Aug 2025 01:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item
View Item