Addha, Wulandari (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 52 Kuranji Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_WULANDARI_ADDHA_1304962_2234_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_WULANDARI_ADDHA_1304962_2234_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_WULANDARI_ADDHA_1304962_2234_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah yang
disebabkan oleh pembelajaran PKn yang masih berpusat kepada guru sehingga
pembelajaran PKn berlangsung membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut
digunakan model kooperatif tipe TPS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
kooperatif tipe TPS dalam pembelajaran PKn.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa di kelas IV SDN 52 Kuranji Kota Padang. Prosedur penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan pada: (a) RPP siklus I rata-rata 78,57% meningkat pada siklus II menjadi 92,85%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru, pada siklus I rata-rata 78,12% meningkat pada siklus II menjadi 90,62%, pada aspek siswa siklus I rata-rata 76,56% meningkat pada siklus II menjadi 87,50% c) Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 76,10 dan pada siklus II menjadi 86,08. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PKn dengan menggunakan model kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 52 Kuranji Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Pembelajaran PKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fini Alya Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:59 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:59 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19412 |