Marlina, Suci (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Menggunakan Pendekatan Mind Map di Kelas V SD N 11 Tanjung Alai, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_SUCI_MARLINA_93556_2344_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_SUCI_MARLINA_93556_2344_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_SUCI_MARLINA_93556_2344_2012.pdf
Download (200kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kenyataan di lapangan bahwa guru kelas V SD N 11 Tanjung Alai mengajarkan PKn masih melakukan metode konvensional. Guru mengikuti alur memberi informasi, ceramah, latihan soal, dan pemberian tugas. Selain itu guru juga menggunakan media yang kurang menarik. Berdasarkan pengamatan peneliti dalam pembelajaran PKn di Kelas V SD guru jarang menggunakan pendekatan Mind Map. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran PKn dengan menggunakan pendekatan Mind Map untuk meningkatkan hasil belajar PKn di Kelas V SD. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Kegiatan penelitian meliputi (1) kegiatan refleksi awal yang terdiri dari studi pendahuluan, serta penyusunan rancangan, (2) kegiatan pelaksanaan penelitian yang terdiri dari tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi, dan (3) kegiatan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi aktivitas guru dan siswa, tes awal dan tes akhir pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD terteliti yang berjumlah 25 orang. Setelah data terkumpul data disesuaikan dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian siklus I perencanaan RPP bernilai 71,4%, pelaksanaan aspek guru 69,6%, dan aspek siswa 66,07%. Untuk tes awal rata-rata nilai siswa dari aspek kognitif 60,8, afektif 64,8, dan psikomotor 62,5. Sedangkan siklus II perencanaan RPP bernilai 92,8%, pelaksanaan aspek guru 92,8%, dan aspek siswa 91,07%. Untuk tes akhir siklus II nilai rata-rata siswa meningkat, aspek kognitif 81,2, afektif 83,7, dan psikomotor 83,2. Berdasarkan hasil dan temuan peneliti, disarankan kepada guru kelas V SDN 11 Tanjung Alai, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman dalam pembelajaran menggunakan pendekatan Mind Map.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Mind Map |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Yola Aprilia Putri |
Date Deposited: | 01 Aug 2025 01:58 |
Last Modified: | 01 Aug 2025 01:58 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19406 |