Peningkatan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 41 Kapuh Koto XI Tarusan Pesisir Selatan.

Andari, Suci (2013) Peningkatan Hasil Belajar Operasi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SDN 41 Kapuh Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUCI_ANDARI_93539_6775_2013.pdf] Text
final_B1_6_SUCI_ANDARI_93539_6775_2013.pdf

Download (406kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan refleksi di kelas IV SD Negeri 41 Kapuh Koto XI Tarusan Pesisir Selatan, pada pembelajaran penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda guru belum membimbing siswa dalam pemecahan masalah dan sebagian siswa masih belum aktif dalam kelompok. Mengakibatkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rencana, pelaksanaan, dan hasil belajar dalam pembelajaran pembelajaran operasi penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan satu kali pertemuan dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 41 Kapuh Koto XI Tarusan Pesisir Selatan. Hasil penelitian dengan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran operasi penjumlahan pecahan. (1) Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 adalah78,57%, pertemuan 2 adalah 82,14%, rata-rata siklus I 80,35% dengan dan siklus II 85,71% (2) Pelaksanaan aktivitas guru siklus I pertemuan 1 adalah 75% dan pertemuan 2 adalah 80% rata-rata siklus I adalah 77,5% dan siklus II 85%, dan pelaksanaan aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 65% dan pertemuan 2 adalah 70%, rata-rata siklus I adalah 67,5% dan pada siklus II 90%, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan I adalah 65 dan pertemuan II 68,05 sehingga rata-rata 66,52. Dan 78,55 pada siklus II. Dengan demikian terbukti bahwa model pembelajaran PBL apat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran operasi penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 41 Kapuh Koto XI Tarusan Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, odel Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:58
Last Modified: 01 Aug 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item
View Item