Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Strategi Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 15 Pulai Anak Air Kota Bukittinggi

Rahmadhani, Suci (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan Strategi Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Negeri 15 Pulai Anak Air Kota Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUCI_ RAHMADHANI_ 96281_1652_2014.pdf] Text
final_B1_6_SUCI_ RAHMADHANI_ 96281_1652_2014.pdf

Download (287kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPA yang cenderung berpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Siswa kurang dapat menerapkan ilmu pada kehidupan nyata dan mengembangkan kemampuan berfikir kritis dalam memecahkan masalah sehingga hasil belajar IPA rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan strategi Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IV SDN 15 Pulai Anak Air Kota bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 15 Pulai Anak Air Kota Bukittinggi dengan jumlah siswa 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada : a) RPP siklus I adalah 78,57% (cukup), pada siklus II menjadi 92,85% (sangat baik), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I adalah 74,99% (cukup), pada siklus II menjadi 94,79% (sangat baik), c) pelaksanaan pada aspek siswa siklus I adalah 69,80% (cukup), pada siklus II menjadi 92,70% (sangat baik), dan d) hasil belajar siswa siklus I adalah 71,95 (cukup), pada siklus II menjadi 87,18 (baik). Dengan demikian penggunaan strategi Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 15 Pulai Anak air Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:58
Last Modified: 01 Aug 2025 09:50
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19401

Actions (login required)

View Item
View Item