Pengaruh PembelajaranCooperative Learning TipeThink Pair ShareTerhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diSMA Negeri 2 Koto XI Tarusan

Emilza, Suci Ariesta (2012) Pengaruh PembelajaranCooperative Learning TipeThink Pair ShareTerhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) diSMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUCI ARIESTA EMILZA_07249_2012_2915.pdf] Text
final_B1_6_SUCI ARIESTA EMILZA_07249_2012_2915.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu diSMANegeri 2Koto XI Tarusan, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang ditetapkan sekolah yaitu 70. 70.12 %siswa yang berada dibawah KKM dan29.88% siswa yang berada di atas KKM. Banyak faktor yang mempengaruhi, diantaranya yaitu faktorinternaldan faktoreksternal, serta model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara hasil belajar dengan PembelajaranCooperarive LearningtipeThink Pair Sharedengan hasil belajar yang tidak menggunakan PembelajaranCooperarive LearningtipeThink Pair Shareyaitu pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XSMANegeri 2Koto XI TarusanTahun Pelajaran 2011/2012. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dan dilakukan uji normalitas dan homogenitas populasi secara manual. Kelas eksperimen adalah kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan PembelajaranCooperarive LearningtipeThink Pair Sharedan yang menjadi kelompok kontrol adalah kelas yang menggunakan metode pembelajaran langsung. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis secara manual untuk uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil tes penelitian di dapat nilai rata-rata siswa yang menggunakan PembelajaranCooperarive LearningtipeThink Pair Share yaitu 76,92 sementara siswa yang menggunakan metode pembelajaran langsung lebih rendah yaitu 68,65Hasil hipotesis dengan menggunakan rumus secara manual di dapati bahwathitung2,18> ttabel (1.676), sehingga hipotesis alternative (Ha) diterima atau menolak hipotesis nihil (Ho). Hal ini berarti bahwa secara signifikan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada ratarata hasil belajar kelas kontrol

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperarive LearningtipeThink Pair Share, Model Pembelajaran, PembelajaranLangsung, Kontrol dan Eksperimen
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:58
Last Modified: 01 Aug 2025 01:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19400

Actions (login required)

View Item
View Item