Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV SDN 21 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Suarna, Suarna (2015) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Di Kelas IV SDN 21 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_SUARNA_57195_3789_2016.pdf] Text
final_B1_6_SUARNA_57195_3789_2016.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah guru masih dominan menggunakan metode ceramah dalam penyampaian materi yang menyebabkan siswa menjadi pasif, kurang minat dan kurang termotivasi sehingga hasil belajar IPS dikelas IV SDN 21 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan rencana, pelaksanaan, dan peningkatan hasil belajar IPS dikelas IV SDN 21 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa dikelas IV SDN 21 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, yang berjumlah 16 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Pengamatan dan 4) Refleksi. Data penelitian ini berupa data rencana pembelajaran, data aktivitas guru, data aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Data dikumpul melalui teknik observasi dan tes, dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I penilaian RPP rata-rata 73% (C) sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82% (B). Tahap pelaksanaan aspek guru siklus I rata-rata 77% (C) meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB). Pada aspek siswa siklus I rata-rata 73% (C), meningkat pada siklus II menjadi 93% (SB). Dan hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata 72,9 meningkat pada siklus II menjadi 80. Dari data tersebut terlihat bahwa model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 21 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: asil Belajar, Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Yola Aprilia Putri
Date Deposited: 01 Aug 2025 01:57
Last Modified: 01 Aug 2025 01:57
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/19398

Actions (login required)

View Item
View Item